A History Of Gundam, Anime Yang Mengartikan Revolusi Robot Raksasa

Hampir empat dekade lalu, Mobile Suit Gundam mengudara di Jepang serta merubah trik negara melihat robot raksasa. Berikut histori singkat mengenai bagaimana Gundam membuat jenis baru anime, merubah trik Barat memakai animasi Jepang, serta berubah menjadi batu ujian budaya buat technologi robotika di waktu depan.

Gundam: Asal

Pada tahun 1979, robot raksasa punyai konotasi privat dalam hiburan Jepang. Beberapa orang seperti Mazinger Z serta kiprah beberapa waktu terakhir dari acara Super Sentai yang pertama, Battle Fever J dengan prosedur raksasa mereka sendiri, berikan jenis “Super Robot” konotasi yang benar-benar rinci. Mecha semacam itu sensasional, hanya terbatas pada pementasan beberapa anak serta buku-buku komik menantang alien serta monster, serta seperti nama jenis yang terbersit, diliat jadi evolusi kemampuan super ketimbang robot yang didesain dengan cara sesuai kenyataan buat dipakai dalam lingkungan militer.

Mobile Suit Gundam bakal merubah itu, tapi bukan tanpa ada oposisi. Penggambarannya tidak sekedar peperangan di antara dua pihak yang tidak sama dari manusia yang kerjakan perjalanan luar angkasa, namun juga pemakaian eksposur mekanis, Gundam tersebut, jadi alat perang militer yang sesuai kenyataan betul-betul belum pernah terdengar ketika itu. Realitanya, meskipun ada perjanjian krusial, Mobile Suit Gundam memang diliat benar-benar tidak digemari banyak orang disaat pertama-tama ditampilkan, sebab pemirsa menginginkan anime super robot lainnya cuma bakal hadapi dengan pendekatan yang benar-benar tidak sama dengan robot raksasa. Itu hampir diurungkan seusai 39 episode, tapi seusai negosiasi kembali dengan sponsor mereka, terhitung produsen mainan Clover, seri ini diperpanjang sampai 43 episode serta selesai tanpa ada basa-basi.

Baca Juga : 7 Game Sepak Bola tidak cuman FIFA serta PES Harus Main

Akan tetapi, dikit orang yang mengetahui kalau Mobile Suit Gundam bakal mengundang penciptaan apa yang saat ini diketahui jadi jenis “Robot Fakta”, yang mengontrol penggambaran mecha di Jepang bahkan juga sampai ini hari. Tapi sebelum itu, itu mesti diselamatkan dari penghentian serta jatuh ke ketidakjelasan kemudian selesai.

Cukup mengagetkan, itu diselamatkan oleh mainan.

Mecha Merch

Disaat Mobile Suit Gundam pertama-tama ditampilkan, salah satunya sponsornya merupakan Clover, yang membuat mainan bersamaan dengan luncurkan anime di posisi populernya Chokogin mode die cast metal, yang sudah mengontrol industri mainan Jepang selama tahun tujuh beberapa puluh. Dengan seri selesai serta terlihat tuntas, Bandai beli hak cipta mau bikin mainan baru menurut mechs dalam pementasan – tapi tidak seperti mainan Chokogin die-cast, kit mode Bandai terbuat dari plastik. Hadir dalam tiga warna tidak sama, serta perlu perekatan serta lukisan buat lengkapi mode, kit mode Gundam Bandai tidak seperti mainan lain di market, serta disaat mereka terlepas landas mereka mengundang kebangkitan besar ketertarikan pada Mobile Suit Gundam (itu pun menolong kalau mereka benar-benar murah ketika itu – mode Gundam pertama di jual seharga 300 Yen, kira-kira $ 3, serta bahkan juga ini hari condong jual kira-kira 1.000 yen buat kit rata-rata).

Re-running tampil prima di TV, serta gabungan episode-episode teater membuahkan uang. Gundam kembali digemari banyak orang lantaran Bandai, serta keberhasilannya menolong bangun jenis Robot Fakta jadi pilihan sejati buat pementasan Super Robot. Waralaba bakal menyambung dengan Mobile Suit Zeta Gundam pada tahun 1985, serta mulai sejak itu sudah menghasilkan beberapa puluh seri baru serta film yang dirapikan dalam beragam waktu di alam semesta Gundam.

Demikian pula, mode Gundam Bandai – saat ini dijuluki “Gunpla”, portmanteau “Gundam” serta “Plastik” – terus berubah menjadi digemari banyak orang di Jepang, dengan kit mode mecha pada intinya menukar kit mode yang lebih tradisionil sebab mereka sudah berubah menjadi bertambah detail serta diartikulasikan jadi technologi dibalik produksi mereka sudah maju. Gunpla sekarang ini tengah rayakan hari jadinya yang ke-35 di Jepang, serta popularitasnya bahkan juga sudah tercermin dalam waralaba tersebut – tiga seri anime sudah didasarkan pada Gunpla: Mode Suit Gunpla Builders Beginning G, Gundam Build Fighters serta Gundam Build Fighters Try tahun kemarin.

Tapi buat semua popularitasnya di Jepang, Gundam tak kan betul-betul meledak ke budaya digemari banyak orang yang lebih luas di pelosok dunia sampai pertengahan tahun 90-an dengan meluncurkan Mobile Suit Gundam Wing. Tragisnya, Gundam Wing tidak kerjakan semuanya secara baik di Jepang. Itu merupakan kesuksesan simpel disaat pertama-tama dilakukan pada tahun 1995, ketertarikan dikit berganti pada realita kalau itu berjalan di timeline “Seusai Koloni”, cabang spin-off dari kanon Gundam (ada sejumlah Timelines Gundam: Wing merupakan yang pertama di AC timeline, sesaat hampir tiap seri sebelum itu merupakan sisi dari “UC”, atau timeline Century Universal), tapi seri betul-betul temukan pembelian disaat berubah menjadi anime Gundam pertama yang ditampilkan di tv Amerika.

Meskipun film gabungan buat Mobile Suit Gundam serta sejumlah OVA dari franchise sudah dijuluki serta ke arah Amerika, Gundam Wing merupakan seri komplet pertama yang ditampilkan di tv, di blok pemrograman sore Toonami di Cartoon Network. Menariknya, Wing mengudara dalam dua bentuk di Toonami – versus yang diedit lari di siang hari, sesaat versus tanpa ada sensor tampilkan darah serta pantas yang terhitung dalam anime asli (dan rujukan kematian – di pangkat barat, “kematian” ditukar dengan “leburkan” sebab pemirsa yang dituju masih beberapa anak muda). Gundam Wing salah satunya anime pertama yang mengudara di barat tanpa ada pengeditan yang subtansial pada bahan sumber, serta disamping itu mempopulerkan Gundam serta jenis mecha di AS, ini bermakna itu pun merusak tanah yang lumayan besar dalam luncurkan anime di barat di tingkat yang lebih luas.

Gundam jadi Bagus Technologi

Gundam yang kuat dalam budaya digemari banyak orang di pelosok dunia serta terutamanya di Jepang pun sudah dipakai buat mempromokan ketertarikan dalam sektor tehnik serta technologi robotika di waktu depan. Bukan cuma makna Gundam sebagai sama juga dengan mecha di pelosok dunia, seri ini sudah dipakai buat memberi inspirasi pengamatan serta peningkatan dalam membuat exosuits buat kebutuhan militer.

pada tahun 2007, Pasukan Bela Diri Jepang mengeluarkan Codename: Gundam, gagasannya sendiri buat gugus kemampuan mekanis yang bakal memberikannya perlindungan dari tembakan serta menaikkan kemampuan serta mobilitas buat prajurit individu, serta tahun kemarin kementerian pertahanan Jepang membagikan $ 7,5 juta dari Budget 2015 buat pengamatan serta peningkatan technologi Mobile Suit buat SDF, lagi menggambar perbandingan di antara dunia fakta serta waralaba anime. Memperhitungkan bagaimana Mobile Suit Gundam awalannya dijauhi oleh pemirsa sebab pendekatannya yang sangat sesuai kenyataan pada mecha, 36 tahun lalu menarik buat menyaksikan kalau rasa realisme yang sudah bertahan buat waralaba – serta saat ini memberi inspirasi proliferasi mekanik sesuai dalam pengamatan tehnik serta militer. Cukup buat seri yang lebih dahulu dipotong sebelum saatnya.

Share Post